Skema Lampu LED Penerangan Rumah 20 Watt setara Lampu Pijar 100 Watt - SKEMA ELEKTRONIK TERBARU

Latest

LinkWithin

BANNER 728X90

Minggu, 06 November 2011

Skema Lampu LED Penerangan Rumah 20 Watt setara Lampu Pijar 100 Watt




Beberapa waktu lalu kita mengetahui bahwa  lampu pijar digati dengan lampu neon hemat energi, tetapi sekarang kecenderungan produsen lampu akan memproduksi lampu dengan komponen lampu LED.   Kelebihan dari lampu LED adalah : umur lampu lebih lama , lampu LED memiliki umur 50.000 jam. Bila menggunakan lampu selama 5 jam sehari, mereka akan bertahan setidaknya 15 tahun. Lampu LED tahan goncangan dan tidak mengandung zat berbahaya. Dalam lampu LED tidak ada radiasi ultraviolet dan inframerah, serta bebas kedip, membuat mereka tidak berbahaya untuk mata. Dan yang paling menguntungkan adalah konsumsi daya listrik sangat kecil. Konsumsi daya dari lampu LED 10 watt adalah sebanding dengan  terangnya lampu pijar dengan kapasitas 100 watt.

Skema rangkaian lampu led tersusun dari Kapasitor 0.2 mk , nilai kapasitansi adalah dipilih sedemikian rupa sehingga arus yang melalui LED tidak melebihi 25 mA. Tujuan utama dari kapasitor 10 MK untuk penstabil tegangan , jembatan dioda  VD1-VD4.  Resistor 1k untuk  membatasi arus yang melalui garis LED. Untuk penempatan dapat dipasang tergantung keinginan anda. 
Keuntungan lampu led ini tahan panas dan nyalanya leih terang 

2 komentar:

  1. mana kapasitornya. skemanya bener gak sih

    BalasHapus
  2. Bener juga ya?, kapasitornya mana?
    kayaknya kapasitor pembatas arus dipasang serial di input pln sedangkan kapasitor penstabil tegangan dipasang paralel dengan input pln, apa bener gitu ya? Mohon maaf bila saya salah, mohon koreksi.
    Btw, apakah rangkaian tsb jumlah led nya sudah maksimal? kalau led nya mau ditambah lagi (secara serial) bisa gak Mas?
    Tks, good luck, terus berkreasi...
    Rgds,

    BalasHapus