Timer Yang diprogram - SKEMA ELEKTRONIK TERBARU

Latest

LinkWithin

BANNER 728X90

Selasa, 18 Oktober 2011

Timer Yang diprogram




Ini adalah timer sirkuit jam diprogram yang menggunakan LED individu untuk menunjukkan jam dan menit. 12 LED bisa diatur dalam sebuah lingkaran untuk mewakili 12 jam wajah jam dan 12 tambahan LED dapat diatur dalam sebuah lingkaran luar untuk menunjukkan interval 5 menit dalam waktu satu jam. 4 LED tambahan digunakan untuk menunjukkan 1 sampai 4 menit waktu dalam setiap interval 5 menit. 



sirkuit ini didukung dari 12,6 volt kecil pusat tapped transformator baris dan 60 siklus jalur frekuensi yang digunakan untuk basis waktu. Transformator dihubungkan dalam gelombang penuh, pusat tapped konfigurasi yang memproduksi sekitar 8,5 volt DC diatur. Sebuah resistor 47 ohm dan 5,1 volt, 1 watt zener mengatur pasokan untuk sirkuit 74HCT. 
Sebuah 14 tahap 74HCT4020 biner counter dan dua gerbang NAND yang digunakan untuk membagi jalur frekuensi dengan 3600 menghasilkan pulsa satu menit yang digunakan untuk mereset counter dan memajukan pencacah dekade 4017. Penghitung dekade menghitung menit dari 0 sampai 4 dan reset pada hitungan kelima atau setiap 5 menit yang kemajuan satu bagian dari sebuah counter 4 bit biner ganda (74HCT393). 4 bit counter ini kemudian diterjemahkan ke dalam salah satu dari 12 output oleh dua 74HCT138 (3 line untuk 8 jalur) rangkaian decoder. Bit yang paling signifikan adalah digunakan bersama dengan inverter untuk memilih decoder yang sesuai. Selama delapan hitungan pertama, negara rendah MSB terbalik untuk memasok tingkat tinggi untuk mengaktifkan decoder yang menggerakkan 8 LED pertama. Selama jumlah 9 sampai 12, MSB akan menjadi tinggi dan akan memilih decoder yang menggerakkan 4 LED yang tersisa sementara menonaktifkan decoder lain. Output didekode rendah saat dipilih dan 12 LED terhubung anoda umum dengan resistor 330 ohm saat ini membatasi pasokan +5 volt. 




Output-5 decoder kedua (pin 11) digunakan untuk mereset counter biner sehingga menghitung sampai 11 dan kemudian reset ke nol pada hitungan 12. Tingkat ulang tinggi diperlukan untuk 393 counter, sehingga output yang rendah dari tahap decoder terakhir (pin 11) terbalik dengan satu bagian dari rangkaian 74HCT14 hex inverter Schmitt memicu.Sebuah resistor 10K dan topi 0.1uF digunakan untuk memperpanjang waktu ulang, memastikan counter menerima sinyal reset yang jauh lebih lama dari waktu minimum yang diperlukan. Sinyal reset juga terhubung ke input clock (pin 13) dari counter 4 bit kedua (1 / 2 74HCT393) yang kemajuan LED jam dan reset pada jam 12 dengan cara yang sama. 
Setting waktu yang tepat dilakukan dengan dua pengguna menekan tombol yang memberi tahap Q4 (pin 7) dari counter 4020 sampai menit dan sirkuit ulang jam yang memajukan counter pada 3,75 hitungan per detik. Tingkat lebih lambat dapat diperoleh dengan menggunakan Q6 Q5 atau tahapan. Untuk keperluan pengujian, Anda dapat menggunakan Q1 (pin 9) yang akan memajukan menit pada 30 per detik. 




Interval waktu sirkuit (yang ditunjukkan di bawah jam) terdiri dari flipflop SET / RESET terbuat dari dua gerbang NAND yang tersisa (74HCT00). Interval waktu yang diinginkan diprogram dengan menghubungkan anoda dari enam dioda diberi label start, stop dan AM / PM ke output decoder yang sesuai. Misalnya, untuk mengaktifkan relay pada pada 07:05 dan mematikannya pada 08:05, Anda akan menghubungkan salah satu dioda dari bagian mulai katoda dari LED yang mewakili 7 jam, dioda kedua ke katoda LED yang mewakili 5 menit dan dioda ketiga untuk garis PM dari CD4013 tersebut. Waktu berhenti diprogram dengan cara yang sama. 




Dua tombol push tambahan yang digunakan untuk secara manual membuka dan menutup relay. Awal rendah dan menghentikan sinyal pada koneksi katoda umum adalah capacitively digabungkan dengan gerbang NAND sehingga tombol push manual dapat menimpa durasi waktu 5 menit. Dengan cara itu, Anda dapat langsung me-reset relay tanpa menunggu 5 menit untuk sinyal mulai pergi. 




Para dua dioda penyearah catu daya yang beragam 1N400X dan dioda 1N914 switching atau 4148s tetapi setiap tujuan umum dioda dapat digunakan. 0,1 UF topi (tidak ditampilkan pada skema) mungkin diperlukan dekat kekuatan masing-masing pin IC. Semua bagian harus tersedia dari Radio Shack dengan pengecualian counter dekade 74HCT4017 yang saya tidak melihat terdaftar. Anda dapat menggunakan salah satu bagian 74HC atau 74HCT, satu-satunya perbedaan antara keduanya adalah bahwa input beralih tingkat perangkat HCT yang kompatibel dengan TTL terburuk output logika. Perangkat input HC ditetapkan pada 50% dari Vcc, sehingga mereka tidak dapat bekerja jika didorong dari output logika TTL marjinal. 
Anda dapat menggunakan 4017 reguler di tempat 74HCT4017 tetapi arus keluaran banyak akan lebih rendah (kurang dari 1 mA) dan 4 transistor tambahan akan diperlukan untuk drive LED. Tanpa transistor penyangga, Anda dapat menggunakan resistor 10K di tempat 330 dan LED akan terlihat, tapi sangat redup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar